21 Mei 2020 21:59:34
Ditulis oleh Admin

Penerimaan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD)

Pemerintah melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi menerbitkan Permendesa Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan Permendesa Nomor 11 Tahun 2020 yang mengatur tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa (DD) Tahun 2020.

Dalam Perpu Nomor 1 Tahun 2020 ditegaskan, pengutamaan penggunaan dana desa adalah dapat digunakan antara lain untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada penduduk miskin di desa dan kegiatan penanganan pandemi Corona Virus Disease 2019 (covid-19).

Tim relawan Covid-19 telah melakukan pendataan awal calon penerima BLT-DD dengan berbasis per RT. Yang selanjutnya dari data hasil pendataan tersebut akan diverifikasi ulang untuk memastikan tepat sasaran melalui Musdes (Musyawarah Desa) yang melibatkan perangkat desa, BPD, babinsa, babin kamtibmas, PLD serta beberapa tokoh masyarakat dan tokoh agama.

BLT-DD diberikan selama tiga bulan, dengan nominal Rp. 600.000/bulan, dimulai dari bulan mei 2020. Keluarga penerima BLT-DD adalah keluarga miskin yang belum mendapatkan PKH, BPNT, BST, dan bantuan sosial lain dari pemerintah. Dan utamanya calon penerima BLT-DD adalah keluarga yang terkena dampak dari pandemi COVID-19.



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus